Rabu, 13 Oktober 2010

Lingkungan Perusahaan

Universitas Gunadarma


Lingkungan Perusahaan

Pengaruh Lingkungan Terhadap Perusahaan
           Istilah tanggung jawab social menunjukkan perimbangan manajemen tentang pengaruh sosial yang berpengaruh pada ekonomi dari keputusan-keputusannya.
      Pengertian Lingkungan Perusahaan
           Lingkungan perusahaan dapat diartikan sebagai keseluruhan dari faktor-faktor ekstern yang mempengaruhi perusahaan baik organisasi maupun kegiatannya. Sedangkan arti lingkungan secara luas mencakup semua ekstern yang mempengaruhi individu, perusahaan dan masyarakat.
           Perusahaan dalam Masyarakat yang Pluralistik
               Masyarakat pluralistic adalah kombinasi dari berbagai kelompok yang mempengaruhi lingkungan perusahaan. Pada masyarakat pluralistic, terdapat banyak pusat kekuatan, masing-masing mempunyai sifat mandiri. Dalam hal ini, pluralism mencerminkan usaha manusia untuk memperemukan kebutuhan dan kepentingan dari berbagai organisasi.
           Kesan Negatif Tentang Perusahaan
               Kritik terhadap perusahaan tidak hanya terbatas pada pertimbangan ekonomi, moral, etik dan politik saja, tapi juga menyangkut lingkungan fisik. Limbah kimia yang berbahaya bagi kehidupan dibuang begitu saja ke sungai tanpa memikirkan akibatnya
           Usaha-usaha untuk Memperbaiki Kesan Negaif
               Perusahaan perlu melaksanakan kegiatan hubungan masyarakat (humas) yang efektif. Kegiatan humas yang baik dapat menciptakan komunikasi dua arah yang serasi antara perusahaan dengan pemerintah dan masyarakat, bukan hanya propaganda saja.

Lingkungan Fisik, Energi dan Konservasi
      Ekologi
           Suatu ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dengan lingkungannya.
      Hal ini disebabkan oleh tiga faktor :
1.      Semakin meningkatnya konsentrasi penduduk
2.      Perkembangan teknologi baru
3.      Semakin meningkanya kemakmuran ekonomi
           Macam-macam Polusi
      Polusi merupakan pengrusakan lingkan alam dimana kita hidup dan bekerja.
  Masing-masing jenis polusi memiliki ancaman bagi lingkungan yang sehat :
           Pencemaran Udara
               Polusi udara menimbulkan dampak negatif yang biasanya dikaitkan dengan penyakit jantung dan pernapasan. Contoh ekstrim dapat dilihat pada peristiwa bocornya pabrik pestisida Union Carbide di Bhopal, India yang mengakibatkan jatuhnya ribuan korban baik meninggal maupun cacat.
           Perncemaran Air
               Banyak kasus pencemaran air di Indonesia yang berasal dari berbagai macam sumber, seperti lingkungan industri, pemukiman dan lingkungan pertanian.
           Pencemaran Sampah Awet
               Di dunia hanya ada tiga macam tempat pembuangan sampah. yaitu, bumi, air dan angkasa. Sampah awet seperti kaleng bekas, botol, karet, plastik, sulit mendapatkan pembuangan, dimanapun tidak cepat hancur pada permukaan tanah.

      Energi dan Konservasi
           Energi matahari dapat memberikan prospek penggunaan yang baik di masa depan, mengingat bahaya yang hamper tidak ada, biaya murah dan bebas polusi.

Lingkungan Perekonomian dan Perpajakan
      Alasan-alasan Meningkatnya Pengeluaran Pemerintah
           Alasan-alasan pemerintah menaikkan pajak adalah untuk membiayai pengeluaran yang semakin meningkat. Pemerintah juga meningkatkan higina perorangan dan sanitasi lingkungan terutama di daerah pedesaan. Usaha tersebut antara lain dilakukan melalui pembangunan sarana air minum pedesaan, pembangunan jamban keluarga serta usaha pencegahan terhadap pencemaran lingkungan.

      Penerimaan dan Pengeluaran Pemerintah
           Penerimaan pemerintah :
1.      Penerimaan dalam negeri, seperti pajak langsung, pajak tidak langsung, iuran, retribusi, hasil lelang dll.
2.      Penerimaan pembangunan, meliputi bantuan program dan bantuan proyek.
           Pengeluaran pemerintah :
1.      Pengeluaran rutin, berupa balenja pegawai, bwlanja barang, subsidi daerah otonom dll.
2.      Pengeluaran pembangunan
           Ada dua macam pajak yang dikenakan pemerintah :
·         Pajak Tidak Langsung
dikenakan atas barang-barang seperti rokok, tembakau, minuman keras dsb. yang dibayar oleh importer, produsen dan pedagang besar. Pajak tersebut dinamakan pajak penjualan (PPn).
·         Pajak Langsung
Pajak kekayaan termasuk pajak langsung karena langsung dikenakan atau dipungut oleh pembayar pajak. Pajak yang digolongkan pajak langsung adlah pajak pendapatan (PPd), pajak perseroan (PPs), dan Pajak dividen.

Lingkungan Hukum
      Hukum di Indonesia ada dua kelompok :
      Hukum Politik
           Mengatur masalah-maslah yang menyangkut kepentingan keamanan umum. Aturan-aturan dalam hukum dalam hukum publik antara lain : hukum tatanegara, hukum tatausaha dan hukum pidana.
      Hukum Privat
           Merupakan hukum yang mengatur tentang hal-hal yang berhubungan dengan kepentingan seseorang dan kelompok-kelompok dalam masyarakat. Yang termasuk dalam hukum privat adalah hukum perdata dan hukum dagang.

Lingkungan Pemerintah
      Perhatian Pemerintah terhadap Kegiatan Usaha
           Dalam hal ini pemerintah telah memberikan bantuan terutama berupa perlindungan atas kekayaan, pengadaan kontrak dan pemberian paten.
           Pemerintah juga membantu perusahaan-perusahaan kecil atau lemah karena merupakan unit usaha yang penting untuk menampung tenaga kerja dan dapat memberikan harga yang lebih rendah kepada konsumen. Bantuan seperti ini dinamakan subsidi.
      a. Bantuan di Bidang Tranportasi
                      Hampir disetiap sektor pengangkutan, pemerintah banyak memegang peranan. Pada sektor perkereta apian, misalnya, sepenuhnya sepenuhnya dikuasai pemerintah yang diatur oleh PJKA.
      b. Bantuan pada Perusahaan Kecil
               Bantuan perusahaan kecil dapat digolongkan dalam 3 golongan  :
v  Bantuan financial
v  Bantuan pemberian kontrak
v  Bantuan teknik manajemen
                     (Kredit Investasi Kecil, Kredit Modal Kerja Permanen dan Kredit Candak Kulak) dengan tingkat bunga yang lebih rendah.
                     Bantuan pemberian kontrak, baik perupa jasa maupun pembelian hasil produksi, serta langsung dapat mendorong kegiatan pemasaranya.
                     Sedangkan bantuan teknik dan menejemen umumnya diberikan kepada koprasi-koprasi dengan tujuan untuk menggiatkan usaha-usaha para anggota koprasi secara bersama-sama atau merata.
      c. Bantuan di Bidang Komunikasi
                     Bidang komunikasi yang meliputi kegiatan-kegiatan siaran radio, televise, telfon dan sebagainya hamper seluruhnya dikuasai dan diatur oleh pemerintah. Bidang komunikasi ini juga didukung dengan usaha-usaha pengembangan ruang angkasa seperti penggunaan satelit. Usaha-usaha semacam ini sangat mendorong majunya usaha dibidang komunikasi.
                     Selain bantuan-bantuan tersebut, maih banyak lagi bantuan pemerintah pada bidang –bidang yang lain. Jadi pengaruh pemerintah dibidang     usaha adalah sangat besar. Untuk melindungi kehidupan usaha itu endiri juga untuk melindungi kehdupan perekonomian pada umumnya. Pemerintah telah mengeluarkan berbagai peraturan menyangkut bidang-bidang transportasi, komunikasi, pelayanan umum (listrik,air minum dan sebagainya), energy dan sebagainya.

Lingkungan Internasional
      Neraca Pembayaran internasional
           Suatu konsep penting yang berhubungan dengan neraca pembayaran adalah neraca perdagangan. Jika impor lebih besar dari ekspornya, maka keadaan neraca perdagangan tidak menguntungkan.
      Perusahaan-perusahaan Multinasional (Multinational Corporation)
           Perusahaan-perusahaan Multinasional kebanyakan berasal dari negara-negara Eropa, Amerika dan Jepang. Pasar yang dikuasainya meliputi beberapa negara selain negaranya sendiri. Misalnya, perusahaan mobil Volkswagen /VW dari Jerman Barat, sekarang menjual 67% dari hasil produksinya diluar Jerman.
      Kegiatan-kegiatan Multinasional
           Perusahaan-perusahaan multinasional bertujuan memasarkan barang hasil produksinya tidak hanya ke satu negara saja, tetapi juga kenegara-negara lain. Masuknya perusahaan-perusahaan multinasional ke Indonesia ini didasarkan pada UU Nomor 1 tahun 1967 yang kemudian disempurnakan dengan UU Nomor 11 tahun 1970 tentang pananaman modal asing. Semua tentang penanaman modal di Indonesia diatur oleh sebuah lembaga yang disebut Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).
      Ciri-ciri Perusahaan Multinasional
           PBB dalam laporan tahunan 1973 mendefinisikan Perusahaan Multinasional sebagai suatu perusahaan yang kegiatan pokoknya meliputi usaha-usaha pengolahan/manufaktur atau pemberian jasa dalam sedikitnya dua negara.
           Dengan definisi ini maka perusahaan multinasional merupakan sumber dari penanaman modal asing langsung dan jumlahnya merupakan ukuran kegiatan perusahaan itu.
      Kebaikan dan Keburukan Perusahaan Multinasional
      a. Kebaikan
·         Memodernisir industri
·         Ikut mendukung pembangunan nasional
·         Menambah kesempatan kerja
·         Menambah arus barang
      b. Keburukan
·         Semakin banyaknya perusahaan multinasional, dapat mempengaruhi kekuasaan ekonomi negara.
·         Dapat merusak kehidupan politik negara

      Lembaga-lembaga yang Membantu Perdagangan Internasional
a.       Ekspor dan Impor Commision House
b.      Merchant Exportes and Importers
c.       Manufacturer’s Eksport Agents
d.      Export and Impor Brokers
      Perkembangan Impor dan Ekspor Indonesia
               Pada dasarnya barang-barang yang diekspor dapat digolongkan menjadi migas dan non-migas. Indonesia juga mengimpor minyak dan gas untuk konsumsi dalam negeri.



(sumber : pengantar bisnis modern karangan DR. BASU SWASTHA DH., SE., MBA dan IBNU SUKOTJO W. SE)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar