Pengertian dan Konsep Pemasaran
Pengertian Pemasaran
Merupakan keseluruhan dari pengertian tentang penjualan, perdagangan, dan distribusi. Pemasaran secara luas dapat diketahui dari definisi oleh William J. Stanton :
Sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.
Penciptaan Faedah bagi Konsumen
Selain pemasaran, kegiatan lain yang dapat menciptakan nilai ekonomi adalah
· Produksi yang membuat barang-barang
· Konsumsi yang menggunakan barang-barang tersebut
Sebuah perusahaan harus dapat menciptakan faedah bagi konsumen. Faedah (utility) adalah kekuatan dari suatu produk atau jasa untuk memuaskan kebutuhan.
Perusahaan dapat menciptakan 5 macam faedah, yaitu
a. Faedah bentuk
b. Faedah waktu
c. Faedah milik
d. Faedah informasi
Konsep Pemasaran
Pemasaran dapat dipelajari dengan mengadakan berbagai macam pendekatan, yaitu :
§ Pendekatan serba fungsi
§ Pendekatan serba lembaga
§ Pendekatan serba barang
§ Pendekatan serba manajemen
§ Pendekatan serba sistem
Pendekatan Serba Fungsi
Adapun funsi pokok pemasaran :
v Penjualan
v Pembelian
v Pengangkutan
v Penyimpanan
v Pembelanjaan
v Penanggungan resiko
v Standarisasi dan Grading
v Pengumpulan informasi pasar
Kedelapan fungsi poko pemasaran tersebut dapat dimasukkan ke dalam tiga macam lagi, yaitu :
ü Fungsi Pertukaran, meliputi penjualan dan pembelian
ü Fungsi Penyediaan, meliputi Pengangkutan dan Penyimpanan
ü Fungsi Penunjang, meliputi Pembelanjaa, penganggungan resiko, stndarisasi dan grading, dan pengumpulan informasi pasar.
Pendekatan Serba Lembaga
Lembaga tersebut adalah
a) Penyedia barang
b) Produsen
c) Perantara pedagang
d) Perantara agen
e) Peusahaan persaingan
f) Pembeli akhir
Pendekatan Serba Barang
Suatu pendekatan pada pemasaran yang melibatkan studi tentang bagaimana barang-barang tertentu berpindah dari titik produksi kekon sumen akhir.
Pendekatan Serba Manajemen
Mempelajari pemasaran dengan menitik-beratkan pada pendapat manajer serta keputusan yang mereka ambil.
Pendekatan Serba Sistem
Sumber pemasaran adalah kumpulan lembaga-lembaga yang melakukan tugas pemasaran, barang, jasa, ide, orang, dan faktor-faktor lingkungan yang saling memberikan pengaruh.
Struktur Organisasi Pemasaran
Manajer pemasaran membawahi sejumlah individu yang dikelompokkan kedalam 2 sub bagian, yaitu sub bagian perencanaan dan syub bagian penjualan umum
Pasar
Pasar adalah orang-orang yang mempunyai keinginan untuk puas, uang untuk belanja, dan kemauan untuk membelanjakannya.
Tiga unsur penting dalam pasar :
· Orang dengan segala keinginan
· Daya beli mereka
· Kemauan untuk membelanjakan
Macam-macam pasar
1. Pasar konsumen
2. Pasar industri
3. Pasar penjual
4. Pasar pemerintah
Segmentasi Pasar
adalah kegiatan membagi-bagi pasar yang bersifat heterogen dari suatu produk kedalam satuan-satuan pasar yang bersifat homogen.
Marketing Mix dan Produk
Pengertian Marketing Mix
adalah kombinasi dari empat variable atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran bagi perusahaan, yaitu produk, struktur harga, kegiatan promosi, dan sistem distribusi.
Pengertian Barang
adalah suatu sifat yang kompleks baik dapat diraba maupun tidak dapat diraba, termasuk bungkus, warna, harga, prestise perusahaan dan pengecer, yang diterima oleh pembeli untuk memuaskan keinginan atau kebutuhannya.
Penggolongan Barag menurut Tingkat Pemakaian dan Kekongkritannya
a. Barang tahan lama
b. Barang tidak tahan lama
c. Jasa
Penggolongan Barang menurut Tujuan Pemakaiannya oleh Pemakai
a. Barang Konsumsi
· Barang Konvenien
· Barang Shopping
· Barang Spesial
b. Barang Industri
· Bahan baku
· Komponen dan barang setengah jadi
· Perlengkapan operasi
· Instalansi
· Peralatan ekstra
Siklus Kehidupan Barang
Terdiri atas 5 tahap yang berbeda, yaitu :
a) Tahap perkenalan
b) Tahap pertumbuhan
c) Tahap kedewasaan dan kejenuhan
d) Tahap kemunduran
Merk
adalah suatu nama atau istilah symbol yang dimaksudkan untuk member tanda pengenal barang atau jasa dari seorang penjual untuk membedakannya dari barang-barang yang dihasilkan pesaing.
Saluran Pemasaran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar