Minggu, 31 Oktober 2010

Pemasaran

Universitas Gunadarma



Pengertian dan Konsep Pemasaran

Pengertian Pemasaran

        Merupakan keseluruhan dari pengertian tentang penjualan, perdagangan, dan distribusi. Pemasaran secara luas dapat diketahui dari definisi oleh William J. Stanton :
Sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.


Penciptaan Faedah bagi Konsumen

        Selain pemasaran, kegiatan lain yang dapat menciptakan nilai ekonomi adalah
·       Produksi yang membuat barang-barang
·       Konsumsi yang menggunakan barang-barang tersebut
        Sebuah perusahaan harus dapat menciptakan faedah bagi konsumen. Faedah (utility) adalah kekuatan dari suatu produk atau jasa untuk memuaskan kebutuhan.

Perusahaan dapat menciptakan 5 macam faedah, yaitu
a.      Faedah bentuk
b.     Faedah waktu
c.      Faedah milik
d.     Faedah informasi


Konsep Pemasaran

        Pemasaran dapat dipelajari dengan mengadakan berbagai macam pendekatan, yaitu :
§  Pendekatan serba fungsi
§  Pendekatan serba lembaga
§  Pendekatan serba barang
§  Pendekatan serba manajemen
§  Pendekatan serba sistem

Pendekatan Serba Fungsi

        Adapun funsi pokok pemasaran :
v  Penjualan
v  Pembelian
v  Pengangkutan
v  Penyimpanan
v  Pembelanjaan
v  Penanggungan resiko
v  Standarisasi dan Grading
v  Pengumpulan informasi pasar
Kedelapan fungsi poko pemasaran tersebut dapat dimasukkan ke dalam tiga macam lagi, yaitu :
ü  Fungsi Pertukaran, meliputi penjualan dan pembelian
ü  Fungsi Penyediaan, meliputi Pengangkutan dan Penyimpanan
ü  Fungsi Penunjang, meliputi Pembelanjaa, penganggungan resiko, stndarisasi dan grading, dan pengumpulan informasi pasar.

Pendekatan Serba Lembaga
        Lembaga tersebut adalah
a)      Penyedia barang
b)      Produsen
c)      Perantara pedagang
d)     Perantara agen
e)      Peusahaan persaingan
f)       Pembeli akhir

Pendekatan Serba Barang
        Suatu pendekatan pada pemasaran yang melibatkan studi tentang bagaimana barang-barang tertentu berpindah dari titik produksi kekon sumen akhir.

Pendekatan Serba Manajemen
        Mempelajari pemasaran dengan menitik-beratkan pada pendapat manajer serta keputusan yang mereka ambil.

Pendekatan Serba Sistem
        Sumber pemasaran adalah kumpulan lembaga-lembaga yang melakukan tugas pemasaran, barang, jasa, ide, orang, dan faktor-faktor lingkungan yang saling memberikan pengaruh.

Struktur Organisasi Pemasaran
        Manajer pemasaran membawahi sejumlah individu yang dikelompokkan kedalam 2 sub bagian, yaitu sub bagian perencanaan dan syub bagian penjualan umum


Pasar

         Pasar adalah orang-orang yang mempunyai keinginan untuk puas, uang untuk belanja, dan kemauan untuk membelanjakannya.
Tiga unsur penting dalam pasar :
·         Orang dengan segala keinginan
·         Daya beli mereka
·         Kemauan untuk membelanjakan

Macam-macam pasar
1.   Pasar konsumen
2.   Pasar industri
3.   Pasar penjual
4.   Pasar pemerintah

         Segmentasi Pasar
        adalah kegiatan membagi-bagi pasar yang bersifat heterogen dari suatu produk kedalam satuan-satuan pasar yang bersifat homogen.


Marketing Mix dan Produk

         Pengertian Marketing Mix
                 adalah kombinasi dari empat variable atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran bagi perusahaan, yaitu produk, struktur harga, kegiatan promosi, dan sistem distribusi.
        
         Pengertian Barang
                 adalah suatu sifat yang kompleks baik dapat diraba maupun tidak dapat diraba, termasuk bungkus, warna, harga, prestise perusahaan dan pengecer, yang diterima oleh pembeli untuk memuaskan keinginan atau kebutuhannya.

         Penggolongan Barag menurut Tingkat Pemakaian dan Kekongkritannya
a.       Barang tahan lama
b.      Barang tidak tahan lama
c.       Jasa

         Penggolongan Barang menurut Tujuan Pemakaiannya oleh Pemakai
a.       Barang Konsumsi
·         Barang Konvenien
·         Barang Shopping
·         Barang Spesial

b.      Barang Industri
·         Bahan baku
·         Komponen dan barang setengah jadi
·         Perlengkapan operasi
·         Instalansi
·         Peralatan ekstra
         Siklus Kehidupan Barang
                 Terdiri atas 5 tahap yang berbeda, yaitu :
a)      Tahap perkenalan
b)      Tahap pertumbuhan
c)      Tahap kedewasaan dan kejenuhan
d)     Tahap kemunduran
        
         Merk
                 adalah suatu nama atau istilah symbol yang dimaksudkan untuk member tanda pengenal barang atau jasa dari seorang penjual untuk membedakannya dari barang-barang yang dihasilkan pesaing.


Saluran Pemasaran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar